Páginas

Jumat, 18 Februari 2011

#BenaBlogTips | Tips-tips ngeBlog dari Benakribo

Kemarin Kak Bena [alias Benakribo], di akun twitternya @benakribo bagi-bagi tips buat para blogger. Ada 25 Tips yang berhasil aku Favourite-in di Twitter. Hehe…Dan itu sepertinya udah semua tips yang Kak Bena sharing deh. Jadi tenang aja. Gak sampai disitu, dia juga buka Live Chat semalam, dan ngejawab kira-kira 35 pertanyaan seputar blog dan kehidupannya (soalnya ada yang nanya : “Kapan nikah?” “Kak Bena itu poconggg bukan sih?”) Macem-macem deh pokoknya. Tapi yang bakal aku rewrite disini khusus yang ngebahas Tips tentang blog ya…Khusus buat kamu-kamu yang gak sempat nyimak, kemarin lagi buat tugas, yang lagi disuruh kepasar  atau lagi jalan bareng pacar, atau… oke oke, mulai ngaco #antiKlimaks  Let’s we start it !!

 #BenaBlogTips from @benakribo  :

Aku capture aja ya. Ribet kalau ditulis ulang, lagian entar gambar kak Bena nya jadi ilang. Kan gak bagus keliatannya *apa coba*. Izin copast ya kak Ben. Buat kamu yang pengen liat The Real Twit From Bena, cek aja langsung di TL twitternya.hahaha…Yaudah, Ini dia :
[Note : Up To You mau kamu baca dari atas ke bawah atau sebaliknya, yang jelas semua nya tips tentang ngeBlog]






Jawaban Kak Bena di Live Chat     :

[1] Cara buat READ MORE …
Kalo dari Blogspot, itu bisa langsung kok. coba aja cek ke settings, disitu ada new updated version gitu buat nulis postingan.
DASHBOARD - SETTINGS - BASIC - UPDATED VERSION. Nah abis itu pas nulis postingan ada icon gambar "KERTAS DISOBEK" nah itu buat read morenya.

 [2] Bingung bikin judul
kalo gue, nulis judul itu terakhir. gue biasa nulis dulu semua postingannya... jangan sampe lo stuck di nulis judul doang, terus udah berjam jam malah ga mulai2 nulis. kalo buat anak muda sih, judul postingan jangan kayak BERITA, gaya lo aja. malahan ada orang yang nulis judulnya bener2 beda banget sama apa yang ditulis, tujuannya cuma buat bikin orang tertarik aja. tapi kalo bisa sih sengasal2nya jangan sampe keluar banget dari apa yang lo tulis gitu.

[3] Biasanya ngedit Video pake apa ?
ngedit video pake Windows Movie Maker, sama Adobe After Effects. sekarang lagi belajar FinalCutPro juga.

[4] Gimana caranya biar Out Of The Box ?
Hmm.. banyak banget men. 1. lo harus punya banyak knowledge juga, terus lo harus tau keadaan sekitar lo, gimana cara orang2 berpikir.. maksud gue, kita harus mikir "apa ya yang ga kepikiran sama orang lain?" , contoh paling simpelnya ya itu , sudut pandang yang berbeda. kayak misalnya lo nonton bola, nah pas lo bikin tulisannya, bukan bolanya yang lo ceritain, melainkan misalnya penontonnya.. atau malah lo nulis gimana perasaan si "bola" ya ditendang2 gitu.. recommended books: paul arden - whatever you think, think the opposite. Yoris sebastian - creative junkies.

[5] Mengubah template blog dari Classic ke Modern template, cara ganti kursor dan bikin video stopmotion
kalo mau balikin ke modern, dashboard, template, customize design. itu ganti ke modern. tapi hati2 ya. biasanya pada ilang semua tuh widget2nya.. cbox, makanya gue ilangin cbox gue. sekarang udah mulai banyak spam, cbox udah susah diandalin. kalo mau pake, mungkin pake yang ada spam filternya. gue lupa namanya apa.. mouse kelap kelip?? itu search di google kayanya ada deh. coba cari kayak "change cursor blog", atau kalo mau ganti bentuk cursor ada tutorialnya di youtube gue. youtube.com/benazio. coba cari disitu tahun 2010 videonya. kalo mau bikin video, bikin stopmotion aja gampang, foto2 satu satu sampe banyak, terus digabungin aja. pake windows movie maker paling gampang, semua foto tinggal di drag aja. jadi deh stopmotionnya.

[6] Gonta-ganti template
kalo gue, gue ngambil dari blogskins, tapi gue edit lagi. gue cuma cari yang strukturnya bagus. kayak blog gue. yang gue ambil itu yang header, sama ada 2 kolom di bawahnya. nah abis gue ambil, tinggal gue ganti aja deh gambar headernya. gue ga bisa bikin template dari 0 gitu. bisanya ngedit2 hehe. kalo bikin dari awal ga jago hoho…

[7] Gimana sih buat emoticon sendiri?
emoticon sendiri. caranya? poto poto aja duluuuuuuuuuuuuuuu, abis itu, misalnya gambar yang gue kedip tuh, kan ada 2 foto. kalo udah dipoto, lo download aja photoscape. cari di google. nah abis itu install, klik create GIF ANIMATOR, nah masukin aja gambar2nya ke situ. abis itu atur sizenya, terus create deh! jadi deh! abis itu tinggal taro aja di blog! selesai~ 

[8] Gimana sih cara bikin tulisan yang gak kepanjangan n ngebosenin?
Ya itu tadi, jangan nulis yang terlalu detail. kayak tulisan gue dulu tuh tahun 2008, gue nulisnya detail banget. "hari ini ke sekolah, makan di kantin beli nasi goreng sosis 6000 terus makan rame2 enak banget deh, abis itu naik lagi ke kelas bareng temen2, bel bunyi, pulang bareng temen2. temen2 pada maen kerumah terus nonton tipi, di tipinya blablablablebleble" . nah jadi jangan kepanjangan juga, tulis inti2nya aja, kalo ada conversation, ya sepertlunya aja, kecuali kalo emang itu conversation sama sahabat2, ya bisa lah bikin blog khusus buat sahabat2 lo sendiri , i mean kalo emang tulisan itu yang ngerti cuma lo dan temen2 lo doang. satu lagi ya banyak baca2 tulisan orang, jadi biar ilmunya bisa diserap juga gitu. kan pasti lo juga pernah ngeliat tulisan orang yang bikin lo berpikir "ih tulisannya bagus juga deh", nah bisa tuh diserap ilmunya dipikir kira2 gimana sih biar bikin tulisan kayak gitu, salah gue dimana ya? gitu2 hehe

Yups, itu dia semua yang berhasil aku ‘rekam’. Semoga membantu Keep Blogging
  

3 komentar:

  1. ribet kak,, belum ngerti.. bantuin aku ngedit kayak kakak dong.. :D

    BalasHapus
  2. keren ka :) bisa ngerekam segitu detailnya nice info, kunjungan balik yah :)

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini